Sunday, 22 April 2012

Pantai Sawarna

       Liburan sekolah semester ganjil ini saya manfaatkan untuk melakukan perjalanan ke pantai sawarna yang berlokasi di Kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten. Bersama dengan 3 orang teman saya menuju lokasi menggunakan kendaraan sepeda motor. Untuk menuju lokasi melalui rute yang terdekat, dapat melalui pelabuhan ratu, tepatnya Karang Hawuh yang ditempuh selama 6 jam dari Jakarta. Disana kami sempat bertemu dengan rombongan touring dari klub motor lain dan sempat bercengkrama pula tentang perjalanan ke tempat tersebut.

       Selanjutnya kami langsung menuju ke lokasi desa Sawarna. Dari Karang Hawuh perjalanan dapat di tempuh selama + 2 jam. Perjalanan tersebut terasa sangat lama karena kami harus melalui beberapa gunung yang lumayan curam dan berkelok-kelok. Tak jarang kami melihat mobil dan motor lain yang kesulitan menaiki tanjakan yang curam tersebut. Setelah 2 jam perjalanan, akhirnya kami sampai juga di  desa Sawarna, Banten. Disana kami menginap di rumah teman yang kebetulan adalah penduduk asli desa tersebut yang merantau ke Jakarta. Untuk sekedar informasi, jika anda menginginkan penginapan/ home stay, tarif per malam berkisar antara 100 s.d 200 ribu rupiah. Sedangkan penitipan mobil dikenakan tarif 25 ribu rupiah.
       Kami tiba di lokasi pkl. 14.00, artinya cuaca memang sedang sangat panas sekali. Setelah beristirahat kami sudah tidak sabar untuk menikmati keindahan alam Pantai Sawarna, dan pkl. 16.00 kami segera meluncur ke Pantai Tanjung Layar yang sangat indah. Disana sudah banyak wisatawan lokal dan asing yang sedang mengambil gambar keindahan alam disana. kebetulan pantai sedang surut jadi kami dengan bebas dapat melihat Karang Tanjung Layar yang sangat indah itu.




       Setelah puas mengambil gambar di Tanjung Layar, kami menuju pantai Pasir Putih sambil menunggu pemandangan Sunset yang indah. Setelah sampai di sana, memang benar pasir pantainya memang putih dan teksturnya sangat halus sehingga menambah keindahan pantai tersebut. Kami menghabiskan waktu disana hingga waktu Sunset tiba.




      Kami bermalam di Cariang Resort milik teman kami yang bernama Ricky, sekaligus pengelola resort tersebut. Lokasinya sangat dekat dengan bukit Cariang dan dan pantai. Walaupun dekat dengan pantai, suasana di resort tersebut sangat teduh dan sejuk karena di kelilingi oleh hutan yang berada di bukit cariang serta sawah yang terhampar di sekitar resort. Info tentang resort ini dapat menghubungi: 085692450154/ 087772728050.

       Dari bukit Cariang kita dapat melihat pemandangan Pantai Sawarna dari atas bukit sehingga tampak pantai Sawarna yang dikeliling pepohonan dan sawah yang hijau.

   

       Dan inilah pemandangan di balik bukit Cariang yang indah, yaitu Sawarna Beach, The Hidden Paradise In Banten, Indonesia.



49 comments:

  1. hallo mas priyo, aku Rizkita dari tabloid wanita indonesia. aku boleh minta contact mas priyo gak? no telfon atau email untuk wawancara. kebetulan saya akan membuat artikel tentang danau sawarna dan ingin mas priyo untuk menjadi narasumber saya. terimaksih mas priyo

    ReplyDelete
  2. Beberapa referensi yg sy baca menunjuk pantai sawarna sbg rujukan tujuan wisata alam yg sgt indah. Apakah rute mobil dg motor sama ya kalau akan menuju ke lokasi, jika berangkat dari Jkt?

    ReplyDelete
  3. Email saya: priyoferdinand@yahoo.com

    @Bernart: Saya belum pernah dengar tanjung Lesung mas.

    Wien Christa: kalau mobil ada 2 rute, pertama lewat pelabuhan ratu, yang kedua lewat serang, banten

    ReplyDelete
  4. kbetulan saya bersama rombongan teman saya akhir bulan ini akan berangkat,,tapi masih bingung rute mana yg terdekat,,kira2 lewat mana kalau menggunakan mobil yg lebih dekat dan jarak tempuh dari jakarta berapa jam ? terima kasih

    ReplyDelete
  5. @nikel destro :terdekat dr JKT jalur Tol JKT Merak keluar TOL Serang Timur dan masuk jalan Bhayangkara (tdk jauh dr pintu Tol memutar MALL Serang) Ikuti petunujuk jalan ke Petir(kecamatan)--->pertigaan Warung Gunung ambil ke kanan---> pertigaan Sampay kekiri arah Malingping melalui Gunung Kencana...>Malingping ke kiri melalui pasar kearah Bayah..> terminal bayah ke kanan arah Pelabuhan Ratu..>di daereah karang taraje akan ditemui petunujuk arah ke sawarna.....estimasi waktu 4-5 jam perjalanan.selamat mencoba.

    ReplyDelete
  6. mas, kok nomor telp temannya di telp ga aktif terus ya?? ada punya nomor lainnya mas? saya mw booking utk weekend minggu depan.

    ReplyDelete
  7. mbak theresia: nmr hp yg punya resort Cariang, namanya Riki: 085692450154

    ReplyDelete
  8. Mas kebetulan saya dg rombongan akan ke sawarna, tp masih bingung rute mana yg terdekat dan jalannya yg tidak rusak jika menggunakan mobil.. terima kasih

    ReplyDelete
  9. Salam knl mas priyo , rencananya minggu depan saya dan teman2 MåÛ ke sawarna, tp kami buta sekali dgn jalan ke sana, bisa kasih referensi jalan ke sawarna menggunakan mobil..? Kira2 berapa jam ya dari jakarta,? Rencananya kami berangkat malam hari dari jakarta, aman ga ya?? Thx.

    ReplyDelete
  10. kalo naik mobil lebih cepat via tangerang, di kolom comment sebelumnya kan udah ada yg jelasin kan. thanks

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mas, kalo lewat tangerang, perjalanan ke sawarna medannya gmn? jalannya bagus? oya, dari cariang resort ke pantai sawarna berapa lama? ada pemandunya? tarifnya berapa? Thx

    ReplyDelete
  12. Kalo kata teman saya yg pernah lewat rute itu jalannya bagus n mulus, trus lebih dekat pula.
    Cariang resort itu jaraknya sekitar 200 m dari bibir pantai, tapi sejuk krn disekitarnya masih banyak sawah dan pohon. Nomor yg bisa dihubungi, teman saya namanya Riki: 085692450154. thanks

    ReplyDelete
  13. Kalo kata teman saya yg pernah lewat rute itu jalannya bagus n mulus, trus lebih dekat pula.
    Cariang resort itu jaraknya sekitar 200 m dari bibir pantai, tapi sejuk krn disekitarnya masih banyak sawah dan pohon. Nomor yg bisa dihubungi, teman saya namanya Riki: 085692450154. thanks

    ReplyDelete
  14. keren om...ada fanspagenya juga nih https://www.facebook.com/pages/Pantai-Sawarna/211311492271153?ref=hl kali aja mau tanya-tanya soal sawarna

    ReplyDelete
  15. mas saya nanti mau travel ke pantai sawarna,bisa minta info gak perjalanan tentang kesana,saya mau pakai mobil nih,dan rute donk dri arah depok ke sana lewat mana ajh,,
    08567667141 rachmat
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. cantik broooo.....
    kapan-kapan kesana aahhh

    ReplyDelete
  17. mas saya mau minta info nya rute dari pelabuan ratu sampai sawarna jalannya bagus atau jelek??

    ReplyDelete
  18. bagus
    dari depok ke sukabumi...cikidang - pelabuhan ratu...lalu sawarna

    ReplyDelete
  19. mas di cariang rate nya brp yah ? tx before :)

    ReplyDelete
  20. Mas Priyo, Saya Berminat
    Disana Arus Laut Besar? Trims

    ReplyDelete
  21. kalo pake motor ... dari jkt .. rute lewat mana ya biar lebih cepat .. and yang pasti jalan bagus ..

    ReplyDelete
  22. Halo, mohon bantuannya yah yg bisa menjawab. Saya sulfi, kalau mau ke sawarna saya kan dr otista jakarta timur tinggalnya. Lbh cepat dan aman lewat mana yah, tol tangerang sana,atau tol jagorawi yg arah sukabumi. Dan apa betul daerah cikidang katanya rawan pembegalan? Aplg kalau melintas dimalam hari dsitu. Tolong dibalas yah. Makasih yah

    ReplyDelete
  23. Betul mas sulfi klo ke cikidang malam" rawan pembegalan,, saran seh lebih condong lewat tol jkt merak yg keluar pintu tol serang, sprti yg sudah d jelaskan di awal... *cuma saran :)

    ReplyDelete
  24. Jika dibandingkan dengan pantai tanjung lesung pantai sawarna lebih indah, meskipun dari segi sarana dan prasarana masih minim, tinggal pengembangan saja... Rute yang lebih aman dan cepat jika dari Jakarta adalah melalui Tol Jakarta - Merak keluar Serang Timur terus menuju Warunggunung - Malingping - Bayah hingga sampai kelokasi terima kasih atas apresiasinya atas pantai Sawarna, dan saya bangga karena saya Orang Lebak asli....

    ReplyDelete
  25. yang mau tau informasi lebih lengkap tentang pantai sawarna, penginapan dan panduan perjalanan, silakan kunjungi website http://www.pantaisawarna.com

    ReplyDelete
  26. Heli Yuliyanti1 March 2013 at 16:56

    Subhanallah...cantiknya
    Meskipun orang Banten (Tangerang), tapi sy belum lama mendengar tentang pantai ini. Asli, malu iih :D
    Insyaallah, tgl 9 besok sy dan adik2 dari sispala di SMK PANCAKARYA CIKOKOL akan melakukan perjalanan ke sana. Semoga lancar dan menyenangkan. Aamiin :D

    ReplyDelete
  27. Sawarna menunggu wisatawan untuk menikmati pantai, goa dan bukit - bukit nan hijau

    www.pantaisawarna.com

    ReplyDelete
  28. dear mas priyo, adakah EO/travel tour yg sudah membawa rombongan ke Desa Sawarna?
    mohon infonya jika sudah ada.
    Trims

    ReplyDelete
  29. kalo dari arah serang timur ke sawarna rawan nggak om...karena saya rencana jalan malam dari Jakarta. trims sebelumnya

    ReplyDelete
  30. Indh banget suasana alam saat senja di pantai sawarna ini.

    ReplyDelete
  31. 1.Kalo travel udah ada yg mnyediakan paket prjalanan kesana tp gak bnyk. coba aja search di.google deh
    2. Lewat serang insya Allah aman koq, apalagi jalanannya jg mulus, met berlibur ya

    ReplyDelete
  32. wah maaf mas priyo baru sempet buka blognya,,keren foto2nya,,ditunggu kedatangannya kembali ke sawarna,,hehehe

    ReplyDelete
  33. cerita dan fotonya kereeeeen

    ReplyDelete
  34. Mas saya mau nanya budgeting ke sawarna kalo dari bandung naik mobil kira2 berapa yah ditmabh dgn penginapan. Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  35. Rosie: maaf baru dibalas. kalo dari bandung bisa lewat tol langsung ke arah merak aja, nanti keluar di pintu tol Serang Timur terus menuju Warunggunung - Malingping - Bayah hingga sampai kelokasi. kalau budget tergantung resort, fasilitas n jumlah orangnya. lebih jelasnya bisa hubungi nmr telpon Riki yg ada di narasi di atas. thanks

    ReplyDelete
  36. klo dari bekasi arahnya kemana ya ? Minta info denah nya dong. Trimakasi.

    ReplyDelete
  37. mas,, tanya donk,, klo ke sawarna naik apa aja aj ya klo ga pny kendaraan pribadi?? tolong infonya donk

    ReplyDelete
  38. Mas priyo,,maaf saya mau tanya nih tentang perjalanan ke pantai sawarna?
    Kalo saya mau kesana pas tahun baru kira" biaya untuk sewa home stay nya mahal apa gak?
    Terus jalan menuju ke arah pantai sawarna yang terdekat lewat mana yah kalo menggunakan sepeda motor?
    Terus jalananya rawan gak,paling efektif jam berapa ya berangkatnya biar nyampenya gak malam?
    Soalnya saya mau solo touring dari tangerang?
    Maaf ya banyak tanya??? ♓é² :).. ♓é²:) .. ♓é²:).. ♓é²:
    Mohon infonya nd thank's sebelumnya??? 

    ReplyDelete
  39. Mas deni: Sepertinya sih sama deh mas, tapi coba tanya ke yang punya resort di atas atau googling aja mas, kalo bisa pesan dulu biar gak kehabisan.
    Jalannya lewat serang-lebak-bayah, jlananannya mulus bgt itu. Kalo bisa dari rumah pagi, sbelum jam 9 gitu, kalo sendiri cuma 5 jam an, kalo rame2 bisa 7 jam an mas.

    ReplyDelete
  40. Ahmad hidayat: Thanks yat, makasih udah ngajak jalan ke sawarna ya, berkesan bgt deh tempatnya

    ReplyDelete
  41. tolong informasinya tempat apa saja yang indah dan bisa kita kunjungin klo ke sawarna,soalnya tanggal 30 january saya dan IBC ( Indologistics Biker Community ) ingin meluncur ke sawarna

    ReplyDelete
  42. Numpang kasih info. Rute ke Sawarna melalui Banten, kondisi jalan sekarang rusak parah. Sangat disarankan melalui ciawi-pelabuhan ratu-cisolok. Lebih mulus. Thx. Subhan.

    ReplyDelete
  43. Saya pergi dgn teman2 ke Sawarna kita pakai Travel yg di Taman Palem, paket 465ribu/org utk 2 hr 1 mlm sdh termsk Homestay, makan mlm + pagi, snacks +BBQ ikan, Travel mengambil rute via Pelabuhan Ratu, Cisolok krn yg via Malimping jalannya rusak parah selain Sawarna ada bbrp objek berdekatan yaitu Tg Layar, Karang Bereum, Lagoon Pari, Karang Taraje, Goa Langir, Goa Seribu,Goa Lalay, cuma jalan menuju Karang Bereum, Lagoon Pari & Karang Taraje hrs ditempuh dgn bersepeda motor dijalur yg terjal & berliku atau lwt pantai

    ReplyDelete
  44. Objek wisata di Sawarna semua masih orisinil dan bagus tdk kalah dgn di Thailand hanya penataan,kebersihan & promosi Pariwisatanya yg kurang, Pemda Banten terkesan kurang serius mengelola objek2 wisata yg ada diwilayahnya bahkan jalan menuju areal wisata tidak diperbaiki sehingga kita hrs memutar kearah Pelabuhan Ratu & Cisolok

    ReplyDelete
  45. mas mau tanyadong kalo kita naik motor itu rute nya mana aja ya, ,kalo saya jalan dari depok mas

    ReplyDelete
  46. Klo dr depok lbh enak lwt jl ry bogor-ciawi-sukabumi-cikidang-pl ratu-cisolok-arah banten-g batu-bayah... Klo naik mobil pribadi lbh enak lwt tol merak-serang timur-saketi-malimping-bayah-sawarna..pekan lalu jalannya baru diaspal qo..mulus bgt..

    ReplyDelete
  47. Nuhun nya mas priyo.. kalo rute dari bekasi selatan/setu k pantai sawarna kmn ajah ea mas rute2'a... menggunakan motor..mksh

    ReplyDelete

Take time to deliberate ------ but when the time for action has arrived ------ stop thinking and go in (Napoleon Bonaparte)