Saturday 19 November 2011

Wisata Kuliner di Yogya

      Saya baru tau ternyata kalau kota yang terkenal dengan gudegnya ini memiliki banyak sekali tempat makanan yang murah dan enak. Jika ingin berkunjung ke kota Yogya saya sarankan untuk menikmati pemandangan alam Gunung Merapi di Kaliurang. Setelah itu sambil menikmati sejuknya udara disana, kamu bisa menikmati indahnya perkebunan salah di daerah Turi. Di sepanjang jalan dan rumah penduduk, tanaman salak pondoh menjadi ciri khas di daerah ini. Kebetulan juga saya sendiri masih memiliki kerabat dari ibu yang tinggal di desa Pisangan, Sleman yang jaraknya sekitar 10 km dari Kaliurang sehingga dapat menghemat biaya penginapan disana.
     Nah, kalau kamu suka dengan kerajinan gerabah, kamu bisa mengunjungi daerah Kasongan yang merupakan daerah penghasil gerabah terbesar di Yogya. Kalau beli disana kamu akan mendapatkan harga yang miring  dibanding di daerah lain. Satu lagi yang wajib kamu lewati ketika kamu berada di Yogya adalah daerah Kota Gede yang jaraknya sekitar 12 Km dari bandara Adi Sucipto. Daerah tersebut merupakan pusat kerajinan perak asli di Yogyakarta. Selain itu jika ingin istirahat sekaligus sholat, kamu bisa mampir ke Masjid Agung Mataram di daerah tersebut.
Tapi kita tidak akan terlalu panjang membahas tempat-tempat wisata yang menarik disana, jadi akan saya pilihkan tempat-tempat makan yang asyik di Yogya.

Sedapnya Spesial Sambal
Ternyata di Yogya ada makanan yang pedas dan lezat yang terletak di Jalan Kaliurang. Sesuai namanya, warung tenda ini menyediakan sambal sebagai menu utamanya, mulai dari sambal terasi, sambal teri, sambal tempe, hingga sambal kecap dan ati ampela. Walaupun bikin mulut terasa terbakan karena pedasnya, tapi dijamin kamu gak bakalan sakit perut. Malah jadi pengen balik lagi!
Lokasi: Jl. Kaliurang km. 4,5 Gang Kinanthi No. 42 Yogyakarta
Telepon: (0274) 6880505

Lezatnya Soto Pak Soleh
Sebagai penggemar soto, saya merekomendasikan soto ini karena sangat unik. Yang berbeda dari soto ini adalah penyajiannya yang sederhana. Dalam satu mangkuk soto hanya diisi oleh kecambah, potongan daging, dan kuah soto. Tentunya kamu bisa menambahkan jenis lauk pauk lain seperti goreng dagin empal, paru, ataun jeroan yang disediakan terpisah. Rasanya, yummy!!!

Antre Makan di Angkringan

Salah satu makanan khas kota Yogya adalah nasi kucing yang umumnya di jual di angkringan. Kenapa disebut nasi kucing? Katanya sih karena ukurannya yang tidak terlalu banyak, tapi tidak ada larangannya kok kalau kamu nambah porsinya. Selain itu karena harganya pun terjangkau. Di daerah Gejayan kamu bisa ketemu satu tempat angkringan yang banyak di datangi mahasiswa. Karena itu gak aneh kalau mau makan disini kamu harus mengantre. Selain di Gejayan kamu juga bisa menikmati angkringan di samping Stasiun Tugu. Setelah mengambil sendiri makanan yang diinginkan, kamu bisa menikmatinya sambil lesehan di trotoar jalan. Buat jalan-jalan malam, angkringan bisa jadi pilihan yang murah meriah.

Nikmatnya Gudeg Khas Yogya

Sangat rugi rasanya kalau kamu ke Yogya tapi tidak menikmati gudeg. Di Yogya sendiri ada banyak tempat makan yang menyediakan nasi gudeg. Pusatnya ada di sepanjang jalan Wijilan. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah gudeg Yuk Djum. Saya sarankan untuk datang saat makan siang, karena jika terlalu sore biasanya sudah habis. Kalau ingin mencari makanan sambil jalan-jalan di malam hari, coba kunjungi lesehan gudeg di kawasan Laksda Adi Sucipto yaitu gudeg Pawon. Yang unik dari gudeg ini adalah, selain karena gudeg ini dijual langsung di dapur tempat masaknya, jam buka gudeg Pawon adalah mulai jam 12 malam hingga pagi. 
Lokasi: Jl. Janturan No. 36-38 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta

Jejamuran yang Sehat

         Kalau kamu melewati jalan Yogya-Magelang, kabupaten Sleman sempatkanlah untuk berkunjung ke restoran Jejamuran yang letaknya agak masuk kira-kira 500 m ke dalam dari jalan utama. Di restoran ini kamu dapat menikmati aneka makanan yang bahan utamanya terbuat dari jamur. Saat saya berkunjung kesana, saya memilih menu Sop Jamur, Sate Jamur, Jamur Crispy, Rendang Jamur, Tongseng Jamur, Omelet Jamur, Jamur panggang dan Wedang Jamur. Selain itu masih banyak lagi makanan olahan dari jamur yang tersedia di restoran ini. Untuk soal rasa, makanan jamur ini tidak kalah nikmat dibandingkan makanan dari hewani seperti daging sapi dan ayam, terutama untuk Sate Jamur dan Rendang Jamur. Selain nikmat, makanan ini juga menyehatkan karna tidak mengandung kolesterol dan bagus untuk orang yang tidak menyukai daging hewan. Di dalam restoran ini juga di pamerkan budidaya jamur yang belum diolah. Kalu mau membawa oleh-oleh, kamu bisa membawa beraneka macam kripik jamur atau jamur yang siap di masak. Selamat mencoba!!!
Lokasi: Niron, Pandowarjo, Sleman, Yogyakarta.
Telepon (0274) 868170



No comments:

Post a Comment

Take time to deliberate ------ but when the time for action has arrived ------ stop thinking and go in (Napoleon Bonaparte)